Rabu, 18 Januari 2012

Ensiklopedi Akhlak Nabi SAW: Akhlak Islami

Ensiklopedi Akhlak Nabi SAW: Akhlak Islami
Ilustrasi

Kamis, 19 Januari 2012 14:24 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,

Akhlak islami adalah perilaku yang dilakukan untuk meraih kehidupan terbaik dan metode utama untuk berinteraksi dengn orang lain.

Dengan akhlak islami, perilaku manusia didasarkan pada nilai-nilai kemanusiaan. Perilaku ini ditujukan untuk kehidupan yang lebih baik.

Sebagian ulama berpendapat bahwa akhlak dalam perspektif Islam adalah sekumpulan asas dan dasar yang diajarkan oleh wahyu Ilahi untuk menata perilaku manusia.

Hal ini dalam rangka mengatur kehidupan seseorang serta mengatur interaksinya dengan orang lain. Tujuan akhir dari semua itu adalah untuk merealisasikan tujuan diutusnya manusia di atas muka bumi ini.

Tatanan akhlak dalam perspektif Islam bercirikan dua hal berikut ini:
1) Karakter Rabbani. Hal ini menjadi dasar yang paling kuat karena setiap detik kehidupan manusia harus berdasarkan atas hasratnya untuk berkhidmat kepada Allah melalui interaksinya dengan makhluk-Nya. Karena itu, wahyu dirilis sejalan dengan bentuk tatanan akhlak ini.

2) Karakter manusiawi. Jika dilihat dari sisi akhlak yang merupakan aturan umum dari dasar-dasar budi pekerti umum lainnya, manusia memiliki peranan dalam mementukan kewajiban tertentu yang khusus dibebankan kepadnya. Selain itu, ia memiliki peranan dalam mengenal perilaku manusia yang lain. Atas dasar inilah akhlak dpandang sebagai jiwa agama Islam. Rasulullah bersabda, "Kebajikan adalah akhlak mulia."
Redaktur: Chairul Akhmad
Sumber: Ensiklopedi Akhlak Muhammad SAW

STMIK AMIKOM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar